KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN ON-DEMAND COMPILATION

Minggu, 14 Juni 2009

Untuk menghasilkan sebuah file executable (.exe), seorang Programmer harus melewati tahap kompilasi dari kode program yang telah dibuat. Akan tetapi, proses kompilasi tersebut tidak selamanya (tidak harus) menciptakan executable file.

Sebagaian besar bahasa pemrograman (terutama Visual Programming seperti Visual Basic, Visual C++, Visual Fox Pro dan lain-lain) menyediakan fasilitas On-Demand Compilation. On-Demand Compilation melakukan kompilasi dan menjalankan program pada saat design-time environment, yaitu melalui menu IDE (Integrated Development Environment). Keuntungannya adalah penghematan waktu, sebab pada On-Demand Compilation, kompilasi dilakukan prosedur demi prosedur sehingga berjalan lebih cepat kaena tidak dilakukan kompilasi secara penuh (Full Compilation).

Walau demikian, ada juga kerugiannya, yaitu jika terdapat kesalahan kode program, mungkin tidak terdeteksikarena prosedur dimana kode bermasalah tersebut tidak diproses pada saat On-Demand Compilation. Untuk itu jika anda ingin melakukan pengecekan keslahan secara keseluruhan, jalankanlah melalui Full Compilation, bukan On-Demand Compilaton.


Ohya, baca juga artikel: Nissan X-trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik