MENGENALI JENIS BUG PADA PEMROGRAMAN

Jumat, 19 Juni 2009

Bug yang timbul pada sebuah aplikasi memiliki karakteristik. Karena itulah selalu baca dan perhatikan baik-baik pesan kesalahan yang timbul. Beberapa jenis bug berdasarkan karakteristiknya adalah sebagai berikut :

1. Divide By Zero
Jika pada sebuah pembagian, pembagi bernilai nol, maka program akan terhenti dan mengalami error.

2. Infite LoopPenggunaan loop yang salah dapat mengakibatkan program menjalankan sebuah prosedur tanpa akhir.

3. Aritmatic Oveflow or UnderflowOverflow terjadi saat sebuah perhitungan menghasilkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang dapat ditampung oleh media/ variable penyimpan. Sementara Underflow merupakan kebalikannya. Pada perhitungan atirmatik, hal ini sering ditemukan dan menjadi masalah.

4. Exceding Array BoundsArray merupakan variable berdimensi yang memiliki indeks. Saat program mengakses index diluar array yang ditentukan, maka akan mengakibatkan error.

5. Access ViolationHal yang terjadi saat sebuah proses mencoba melewati batas yang diizinkan oleh system. Misalnya menulis sebuah nilai pada alamat memory, segmen, atau media yang terproteksi.

6. Memory LeakPenggunaan memory yang tidak diinginkan, adapt terjadi karena program gagal melepaskan memory yang sudahtidak digunakan.

7. Stack Overflow or UnderflowStack merupakan struktur data dengan prinsip LIFO ( Last In First Out), pada program anda dapat mengimplementasikan logika stack untuk suatu tujuan. Tetapi jika stack melebihi tau di bawah nilai yang diijinkann oleh program, maka akan timbul kesalaha Stack Overflow/Underflow.

8. Buffer OverflowBuffer merupakan tempat penyimpanan sementara dalam teknik pemrograman.
Buffer overflow terjadi jika anda menyimpan terlalu banyak data yang tidk dapat ditampung oleh buffer yang disediakan.

9. DeadlockMerupakan suatu kondisi d mana dua atau lebih proses salaing menunggu satu sama lain untuk menyelesaikan prosesnya, dan tidak satupun dari proses tersebut yang selesai. Problem deadlock sering ditemukan pada multiprocessing.

10. Off By One ErrorMerupakan istilah menggambarkan perulangan yang terlalu banyak atau terlalu sedikit. Misalnya perulangn yang dikehendaki adalah limakali, tetapi kenyataan yang terjadi aplikasi mengulang proses tersebut sebanyak empat kali atau enam kali. Kesalahan ini umumnya terjadi karena keslahan logika penulisan kode pada proses pengulangan.

Ohya, baca juga artikel:Nissan X-trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik
:)