Membuat Komputer Bicara

Minggu, 15 November 2009

Aplikasi untuk membuat komputer membacakan teks yang tampil di layar sudah ada sejak lama. Teknologi ini disebut Text-to-Speech (disingkat TTS). Sekilas, fungsinya memang terasa tidak terlalu penting. Namun bagi para pengguna PC yang memiliki keterbatasan penglihatan, fitur ini akan sangat membantu. Mac OS sudah sejak lama memilikinya secara built-in. Sedangkan untuk versi Windows, tersedia beragam aplikasi yang bisa dipilih.


Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah SmartRead. Ia menyediakan versi gratisan yang bisa diunduh di www.smartysoft.com. Selain membaca, aplikasi ini juga sanggup mengubah teks menjadi file audio.

1. Unduh/download installer file “smartread_setup.exe” dari situs resmi SmartReader.

Instal dan jalankan aplikasi melalui [SmartySoft (smartysoft.com)] > [SmartSoft] > [SmartSoft]. Tunggu beberapa saat hingga muncul aplikasi.

2. Untuk menggunakan aplikasi, kamu bisa meng-copy-paste teks ke dalam jendela utama aplikasi yang berwarna biru.

Selain itu, kita juga bisa langsung membuka sejumlah dokumen (berformat XSR, TXT, dan RTF) ke jendela aplikasi dengan mengklik [Open]. Cari dan pilih file, lalu klik [Open].

3. Setelah teks yang akan dibacakan disalin ke dalam jendela baca, kamu bisa memilih suara pembacanya.

Untuk awal, hanya tersedia satu (suara Microsoft Sam). Kita bisa menambahkan suara lainnya dengan mengklik [Download More Voice…]. Tambahan suara ini akan diunduh dari server SmartySoft melalui koneksi Internet. Jika proses unduh sudah tuntas, klik [Next] > [OK].

4. Pilih dulu suara dari menu “Voice:”.

Kita bisa memerintahkan PC untuk membacakan teks dengan mengklik titik awal pembacaan di area teks, lalu klik tombol [Read]. Untuk menentukan kecepatan baca, kamu bisa menggeser slider “Rate”. Volume bisa dibesar-kecilkan di slider “Volume”. Untuk menghentikan, klik tombol [Stop].

5. Untuk mengubah teks menjadi file audio yang bisa didengarkan kapan saja melalui MP3 player, klik [Transform].

Pada boks dialog Convert Wizard - Welcome, pilih jenis audio yang kamu inginkan: Wave, MP3, atau Flash. Klik [Next > ] dan pilih format output pada menu drop-down yang ada. Setelah itu, klik [Next > ] lagi dan pilih folder simpan untuk audio tersebut dengan mengklik [Browse].

6. Jika sudah, langsung ubah teks dengan mengklik [Convert Text to MP3 Now].

Tunggu beberapa saat hingga proses tuntas. Lihat folder simpan lewat Windows Explorer. Cek apakah sudah ada file audio di sana. Jika sudah, kita bisa memutarnya dengan audio player.

TIPS: Pilihan Aplikasi Text-to-Speech
Beragam aplikasi ini bisa didapatkan di Internet, mulai dari yang gratis sampai berbayar. Ada yang hanya mampu membacakan teks, ada pula yang sudah memiliki fungsi sebagai perekam suara teks sehingga bisa didengarkan lagi lewat MP3 player atau pemutar audio lainnya. Jika berminat, berikut beberapa pilihannya.

-Advanced Text to Speech 3.6 (www.rosecitysoftware.com)
- FlameReader 4.2.8 - www.flamereader.com)
- Natural Reader (www.naturalreaders.com)
- Text Aloud (www.nextup.com/textaloud)
- Text Speaker 2.01 (www.deskshare.com)
- Text to Speech (www.text-speech.com)
- Text to Speech MP3 with Natural Voices 1.71 (www.texttospeechmp3.com

Kita juga bisa mencicipi aplikasi TTS buatan anak negeri di situs web http://indotts.melsa.net.id. Pembuatnya adalah Arry Akhmad Arman di Belgia pada tahun 2000.

Tips: Perintahkan PC dengan Teriakan
Selain membaca teks, PC juga bisa mendengar dan melakukan perintah tersebut untuk kita. Pintar, ya? Salah satu caranya adalah dengan meng-install aplikasi e-Speaking. Aplikasi berbayar ini bisa dicoba secara gratis selama 30 hari. Untuk menggunakannya, tinggal unduh dan install aplikasinya dari www.e-speaking.com. Cara penggunaannya gampang, kok.

Pertama, siapkan mikropon dan colokkan ke port mikropon di panel kartu suara PC kamu. Selanjutnya, aktifkan aplikasi Clik [On] pada bagian atas aplikasi untuk mengaktifkan mikropon. Untuk mengetahui daftar perintah yang tersedia, klik tab [Command]. Di sini, kita bisa melihat daftar perintah menurut aplikasi yang digunakan, mulai dari perintah untuk Microsoft Word, Notepad, sampai sistem operasi.

Kita juga bisa membuat perintah sendiri (dalam bahasa Inggris), dengan mengklik [add]. Ketikkan teks perintah di jendela kanan, dan tentukan di aplikasi mana perintah tersebut akan diterapkan.

Ohya, baca juga artikel: Nissan X-trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik