Lebih jauh dengan baterai ponsel Anda

Kamis, 01 Juli 2010

Lebih jauh dengan baterai ponsel AndaSalah satu komponen ponsel yang penting adalah baterai. Cukup banyak baterai yang beredar di pasaran, mulai dari yang asli, sampai yang "aspal" - asli tapi palsu. Melalui menu Nokia NetMonitor IT Consultant akan menunjukkan beberapa tips untuk ponsel dan baterai Anda. Bagi Anda yang belum mengetahui tentang NetMonitor ini.


IT Consultant akan mengajak Anda bermain-main dengan menu NetMonitor nomor 23. Menu ini berisi informasi mengenai baterai ponsel Anda. Agar dapat memahami artikel ini dengan baik, Anda bisa melihat gambar yang disertakan. Angka paling atas yaitu 3530 (dalam mV) menunjukkan tegangan baterai saat transmitter sedang aktif, sedangkan di sebelahnya yaitu 3854 (dalam mV), menunjukkan tegangan baterai saat transmitter tidak aktif.

Angka 570 menunjukkan arus dari charger (dalam mA). Jadi Anda bisa memantau kondisi arus dari charger Anda pada bagian ini. Angka 3888 (dalam mV) menunjukkan tegangan baterai dalam mode standby.

Angka 0 di baris ketiga menunjukkan umur baterai. Semakin kecil (paling kecil adalah 0) berarti kondisi baterai Anda semakin baik. Jika Anda sering melakukan charging dengan tidak benar, biasanya angka ini akan semakin besar. Di tengah, angka 72 menunjukkan sisa baterai (dalam persentase). Di sebelahnya merupakan konsumsi daya yang digunakan ponsel. Anda bisa melihat beda konsumsi daya, antara saat standby, saat lampu dinyalakan ataupun saat mela kan panggilan. Baris terakhir (angka 25) menunjukkan temperatur baterai Li-Ion. Jika baterai yang digunakan selain Li-Ion, maka kolom ini akan bernilai 0. Kolom tengah (angka 28) merupakan jumlah arus yang telah di-charge (dalam mA), sedangkan kolom terakhir merupakan jumlah arus selanjutnya yang akan di-charge setelah jumlah arus pada kolom tengah tercapai.

Ohya, baca juga artikel: Nissan X-trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik