Menjaga stabilitas sistem saat melakukan burning

Kamis, 01 Juli 2010

Menjaga stabilitas sistem saat melakukan burningApabila Anda cukup beruntung, Anda memiliki sebuah CD-RW drive untuk membackup file data Anda dan menulis sendiri CD Audio dan MP3. Namun bila Anda benar-benar beruntung, drive CDRW tersebut dapat dijalankan pada mode UDMA. Saat ini masih terdapat beberapa CD-RW yang berkecepatan tinggi masih menggunakan mode PIO 4. Hal ini diterapkan untuk menjaga kompatibilitas dengan hardware lama dan memelihara hasil burning.


Masalah terjadi bila drive seperti ini bertemu dengan chipset VIA. Apabila Anda menginstall 4in1 Service pack dari VIA, ia akan secara default mengaktifkan mode DMA di seluruh drive, termasuk drive CD-RW yang hanya berjalan pada mode PIO. Memang saat membaca tidak terjadi masalah, namun masalah terjadi bila Anda menjalankan program lain atau multitasking saat melakukan burning dengan drive CD-RW tersebut. Seringkali PC akan mengalami blue screen saat menulis, dan ini bisa menggagalkan penulisan. Oleh karena itu, bukalah Device Manager dan pilih drive yang Anda miliki. Pastikan mode DMA tidak dicek, sehingga mode ini tidak diaktifkan saat Windows mengakses drive.

Masalah ini dapat terjadi pada beberapa drive CD-RW LiteON, seperti drive 16x10x40 dan 24x10x40-nya. Drive lain yang juga menggunakan mesin LiteOn juga terpengaruh, seperti drive Creative 12x10x40 dan 16x10x40. Setelah melakukan langkah-langkah di atas, kini Anda dapat melakukan burning tanpa blue screen yang mengganggu.

Ohya, baca juga artikel: Nissan X-trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik