Data apa saja yang ditransfer ke Microsoft?

Kamis, 01 Juli 2010

Data apa saja yang ditransfer ke MicrosoftSejak aktivasi produknya diterapkan di XP, banyak yang menduga bahwa kerahasiaan pengguna menjadi tidak terjaga. Hingga ‘pendaftaran paksa’ ini diperkenalkan, tak ada yang mengetahui, data apa saja yang dikirim ke Microsoft pada aktivasi produk. Berdasarkan informasi baik dari Microsoft maupun sumber lainnya disimpulkan bahwa daftar rinci hardware PC Anda tidaklah ditransfer.


Pada aktivasi produk Anda harus mentransfer kode sepanjang 50 digit ke Microsoft melalui telepon atau web. Di situ tersimpan 10 ciri PC Anda. Misalnya model drive CD Anda, 50 digit tersebut tidak cukup untuk menggambarkan model secara tepat. Jadi Anda boleh yakin, Microsoft tak tahu segalanya tentang PC Anda.

Berapa banyak komponen hardware yang boleh Anda ganti?

Setelah Anda mengaktifkan Windows XP, menurut produsennya Anda hanya boleh melakukan sedikit perubahan pada system sebelum aktivasi berikutnya perlu dilakukan. Yang menentukan, apakah Anda memiliki sebuah notebook dengan dockingstation atau sebuah PC biasa. Pada notebook dengan docking-station Anda boleh melakukan hingga 6 perubahan hardware, sedang pada desktop-PC hanya boleh 3 kali saja.

Yang diperiksa dan ditransfer oleh XP:
3 Nomor seri partisi Windows
3 Alamat MAC ethernet (network) card
3 Nomor ID CD-drive
3 Nomor ID graphic-card
3 Nomor ID prosesor
3 Nomor ID hard disk
3 Nomor ID SCSI controller
3 Nomor ID IDE-controller
3 Model prosesor
3 Ukuran RAM

Ohya, baca juga artikel: Nissan X-trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik