Peralihan Interface dari Paralel ke Serial

Kamis, 01 Juli 2010

Serial ATA dan Serial SCSITeknologi interface serial pada tahun-tahun ke depan bakal menjadi primadona di PC. Hal ini ditandai dengan hadirnya teknologi serial bus USB dan Firewire untuk koneksi periferal eksternal, dan yang akan menyusul yaitu standar teknologi hard disk serial ATA dan serial SCSI.


Berawal dari gagasan untuk menggantikan teknologi paralel ATA yang telah cukup lama mengabdi’ sebagai standar interface hard disk di PC, maka direncanakan pada tahun 2002 ke depan, teknologi terbaru serial ATA telah siap untuk menggantikan paralel ATA. Standar serial SCSI menurut konsonsorsiumnya Serial Attached SCSI Working Group, yang terdiri dari IBM, LSI Logic, Maxtor dan Seagate, diperkirakan baru mulai diterapkan pada sekitar tahun 2004.

Dilihat dari kemajuan teknologinya, baik serial ATA maupun serial SCSI jelas ‘mengusung’ berbagai keunggulan dibandingkan pendahulunya. Disamping transfer data yang sudah pasti lebih cepat, kebutuhan dayanya juga lebih kecil. Dari segi konektivitas, perubahan yang nyata terlihat pada kabelnya yang semakin ramping dan toleransi panjang kabel maksimum yang lebih besar yaitu hamper sepanjang 1 meter.

Baik konsorsium ATA (Serial ATA Working Group) dan SCSI sama-sama berkeinginan untuk mendorong standar teknologi hard disk selangkah lebih maju dalam hal kecepatan dengan harapan dapat mengimbangi kemajuan kecepatan PC yang kini telah memasuki era Giga Hertz.

Standar serial ATA yang pertama kali hadir di pasaran akan disebut Ultra Serial ATA 1500 dengan besar bandwidth dua kali lebih besar dibandingkan standar paralel ATA saat ini yaitu Ultra ATA 100. Adapun peak transfer rate-nya mencapai 1,5 Gbps atau berkisar 150 MB data per detiknya. Bandingkan dengan paralel ATA 100 dengan peak transfer rate 100 MB per detik.

Ikut sertanya SCSI mengadaptasi teknologi serial dapat disebut mengikuti jejak saudaranya, ATA. Berbeda dengan paralel ATA yang relatif telah ‘mentok’ teknologinya, teknologi paralel SCSI yang digunakan pada hampir semua jenis hard disk SCSI yang ada sekarang sebenarnya masih terus dapat dikembangkan. Sebagai contoh standar interface Ultra640 SCSI pada tahun mendatang akan menggantikan standar Ultr a ATA320.

Ohya, baca juga artikel: Nissan X-trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik
:)