Otak Panas karena Ponsel?

Minggu, 24 Januari 2010

Apa hubungannya otak dengan sosis goreng? Paling tidak, sama dengan sebuah membrane sel buatan dari tetesan lemak halus dalam air garam. Profesor Markus Antonietti dari Max Planck Institut for Coloid and Interfacial Research di Postdam melakukan pengujian dengan membran sel buatan seperti ini. Ahli fisika ini membuat lapisanl apisan dari partikel lemak dalam beragam ukuran.


Selanjutnya, lapisan ini diterpa dengan microwave dalam frekuensi dan intensitas yang berbeda. Hasilnya kemudian dipublikasikan dalam sebuah jurnal. Kesimpulannya, ion channel dalam membran berpengaruh seperti pole listrik dan menyimpan banyak energi dalam ruang terkecil. Kesimpulan ini tidak terkait langsung dengan mobile telephone. Namun, dari fakta ini, kita dapat menghubungkannya dengan aktivitas sehari- hari.

Bahaya Radiasi: Ponsel Membuat Otak Panas
Sel-sel di dalam otak saling berkomunikasi satu sama lain melalui ion channel. Ini dapat menyebabkan bidang-bidang kecil dalam otak memanas lebih kuat daripada biasanya saat bertelepon dengan ponsel. Saat ini, nilai ambang “Specific Absorption Rate” (SAR) untuk ponsel dibatasi 2 Watt per kg.

Namun, hasil pengujian menyimpulkan bahwa telepon genggam dapat meningkatkan temperature dalam kepala. Peningkatan temperatur ini maksimal kurang dari 1 derajat. Kerja Antonietti menyimpulkan bahwa dinding sel dapat mencapai temperatur lebih tinggi secara drastis. Ahli fisika ini belum mau berkomentar lebih jauh. Hasil ini masih harus diuji pada jaringan biologis.

Ohya, baca juga artikel: Nissan X-trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik
:)